Wednesday 5 August 2015

Transportasi dari Terminal Bungurasih ke Stasiun Gubeng Surabaya

Salah satu hal yang paling dipusingkan oleh traveler/backpacker ketika harus transit di Surabaya adalah transportasi dari Terminal Bungurasih ke Stasiun Gubeng atau sebaliknya. Sebagai seorang backpacker, tentulah kita akan mencari alternatif termurah kan? Cara ini efektif dilakukan untuk solo backpacker, jika backpackeran rame-rame (>= 4 orang) ane sarankan naik taksi gan karena lebih murah dan ekonomis.


Begini caranya:

Dari Terminal Bungurasih ke Stasiun Gubeng:
1. Naik bus kota P6 jurusan Bungurasih-Wilangun dari terminal keberangkatan dalam kota, nanti minta diturunkan di perempatan Jalan Kalibutuh-Jalan Semarang (kondektur biasa menyebutnya 'tembok/tembok sayuran'). Ngomong aja minta diturunkan di tembok. (sekitar Rp 6000-Rp 8000)

2. Dari Jalan Kalibutuh, agan jalan kaki sampai ke Jalan Tidar (sekitar 100-300 m). Jalan Tidar ini cukup panjang, tetapi tidak usah khawatir karena seluruhnya dilalui angkot line E. Dari Jalan Tidar, naik angkot line E, ngomong supirnya minta diturunkan di Stasiun Gubeng. Nanti turunnya tidak di depan Stasiun Gubeng persis, tepatnya agan akan diturunin di sebelum jalan layang. Nanti agan jalan kaki lewat jalan kecil di bawah jalan layang (sekitar 200 meter) sampai ke Stasiun Gubeng. (Rp 5000)

Total Biaya = sekitar Rp 13.000

Dari Stasiun Gubeng ke Terminal Bungurasih:
1. Perhatikan kalau Stasiun Gubeng ada 2 gan, yakni Stasiun Gubeng Lama (biasanya untuk pemberhentian kereta ekonomi) sama Stasiun Gubeng Baru (tempat pemberhentian kereta api bisnis/eksekutif). Jarak antar kedua stasiun tersebut nggak jauh, kalau dari peron tinggal nyebrang aja. Nah nanti agan harus menuju Stasiun Gubeng Lama dulu (exit lewat pintu keluar Barat), dari situ agan jalan kaki sekitar 150 meter ke arah barat sampai nemu Jalan Gubeng Pojok. Naik angkot LINE E dari Jalan Gubeng Pojok sampai Jalan Tidar.(Rp 5000)

2. Dari Jalan Tidar, agan jalan kaki aja sekitar 300 meter ke perempatan Jalan Arjuna/perempatan Jalan Kalibutuh-Jalan Semarang. Dari perempatan Jalan Arjuna/Jalan Kalibutuh-Jalan Semarang, agan naik bus jurusan Bungurasih. (Rp 6000-Rp 8000)

Total Biaya = sekitar Rp 13.000

NB: Kalau keberangkatan asal dari Bandara Juanda, tinggal ditambah naik DAMRI aja (Rp 25.000), turun di Terminal Bungurasih. Dari Terminal Bungurasih, tinggal mengikuti cara diatas.

NB: Tarif taksi dari Stasiun Gubeng ke Bandara Juanda Rp 110.000,00 (Blue Bird)
Tarif taksi dari Terminal Bungurasih ke Bandara Juanda Rp 75.000-Rp 90.000

NB:Intinya jangan malu bertanya ya gan. Keep happy, keep backpacking!!

Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!

5 comments :

  1. terimakasih banyak, sangat menarik sekali...

    ReplyDelete
  2. kalau keluar dr stasiun gubeng dan mau naik lyne E, pastikan exit dr stasiun lewat pintu tinur (gubeng baru)

    ReplyDelete
  3. kalau keluar dr stasiun gubeng dan mau naik lyne E, pastikan exit dr stasiun lewat pintu tinur (gubeng baru)

    ReplyDelete